Buah Sirsak yang menyegarkan dan bermanfaat

Buah sirsak ?!

 

Siapa yang tidak mengenalnya, buah yang rasanya sangat menyegarkan dan rasanya manis dan sedikit keasaman, sangat menyegarkan sekali jika dibuat es jus diminum siang hari.. wuih segerrr tenan.

 

 

Buah sirsak yang mempunyai warna kulit kehijauan dan berduri ini, mudah dijumpai dari mulai pasar-pasar tradisional sampai supermarket di kota-kota besar.

Usut punya usut ternyata buah Sirsak (Anona muricata Linn) merupakan kerabat dekat srikaya (Anona squamosa Linn) berasal dari daerah tropis Amerika, yaitu sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina.

Setelah Colombus menemukan Benua Amerika, orang-orang Spanyol membawa sirsak ke Filipina dan tanaman ini ternyata dapat tumbuh di sebagian besar negara tropis, termasuk di Indonesia.

Jadi ternyata sisrsak ini termasuk tanaman impor yang sudah merakyat di Indonesia …

Kata sirsak berasal dari bahasa Belanda, yaitu zuurzak. Kata zuur berarti asam, zak berarti kantong, secara harfiah diartikan sebagai kantong yang rasanya asam, sirsak kadang disebut nangka belanda.

Buah sirsak ini sangat kaya akan vitamin c, jadi pasti baik untuk kesehatan kita. Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat.

Manfaat Buah Sirsak

Ternyata selain bermanfaat untuk menyegarkan dahaga kita dengan Jus-nya, masih banyak manfaat lain yang dapat kita peroleh dari buah sirsak ini.

Buah sirsak ini ternyata bermanfaat untuk ,Memperlancar pencernaan,  Pengobatan sembelit, pengobatan pinggang pegal dan nyeri, Penyakit wasir (ambien) , Batu empedu,  Asam Urat, Hipertensi, meningkatkan daya tahan tubuh dan katanya sih bisa untuk obat awet muda..

well ternyata sisrsak banyak sekali manfaatny bagi kita.. and kayaknya jadi pengen langsung bikin jus sirsak sekarang……

 

2 Responses to Buah Sirsak yang menyegarkan dan bermanfaat

  1. igngutomo mengatakan:

    Sirsak dan daunnya sangat baik manfaatnya bagi manusia,seperti yang tercantum dalam artikel.Saya sudah konsumsi buah dan daunnya 3 bulan dan hasilnya baik,sampai hari ini masih saya konsumsi.Awal saya konsumsi 3 – 4 hari badan greges/demam dan bab nya bau seperti telur busuk,sesudahnya normal.Semua yang saya rasakan sebelumnya,telapak kaki semutan,lutut sakit,pinggang pegel,pengelihatan kurang,dst.Sekarang enak badan ringan,anjuran/pengalaman makan dan minum buah sirsak/daunnya luar biasa.Sehat sangat mahal,pengalaman ini saya bagikan untuk semua.Terima kasih

    • herdica mengatakan:

      betul sekali.. pengalaman sangat berharga bagi yang membutuhkan, terima kasih untuk share disini, semoga bisa bermanfaar bagi yang membuthkannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: