Kumaha aing!!!

Kumaha aing !!

Ucapan yang umum dikalangan urang sunda, yang kalau diartikan dalam bahasa indonesia berarti “terserah saya” atau bahasa gaulnya “gimana gue”, yang diartikan sebagai ungkapan penolakan terhadap suatu anjuran dan ajakan orang lain terhadap dirinya, yang sering dikonotasikan dengan hal-hal yang bersifat emosional.

Sebagai contoh percakapan A dengan B :

A :  pakai helm-na atuh, kalau naik motor teh!

B :   kumaha aing, arek make helm apa hente, sirah-sirah aing…..

(#terserah saya, mau pake helm atau tidak, kepala-kepala saya..)

Yang lebih terkenal saat ini adalah ungkapan dari para penggemar persib “Persib aing, kumaha aing“….fuuhhhh… disini sangat menggambarkan sekali keakuan dari sikap kumaha aing, sikap yang menunjukan rasa cinta yang besar terhadap persib, namun  mereka kadang  tidak peduli dengan siapa saja yang mereka hadapi, yang penting tim mereka tidak diganggu gugat, kadangkala mengesampingkan dari sifat olahraga itu sendiri, dimana sportifitas dijunjung tinggi, menang dan kalah adalah biasa, permusuhan itu hanya terjadi diarena saja.

Dalam hal tertentu sikap “kumaha aing” ini ada juga dalam hal-hal yang menggambarkan rasa kebebasan tidak mau  terdikte oleh aturan-aturan baku yang berifat ekpresif yang mungkin juga akan menumbuhkan kreativitas yang memang adakalalnya diperlukan. Contoh seniman yang harus mempunyai sikap ini ketika dia  akan menciptakan suatu karyanya maka dia harus bisa lebih menekploitasikan sifat kumaha aing untuk mendapatkan sifat keorsinilan dari karyanya tersebut.

Jadi ungkapan kumaha aing ini mestinya bisa memotivasi kita untuk menunjukan sikap yang mengekploitasi potensi terdalam dari diri kita untuk mendapatkan yang terbaik .

KUMAHA AING !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: