aqiqah sebuah bentuk usaha dan syiar

Aqiqah berasal dari kata ‘Aqq yang berarti memutus dan melubangi, dan ada yang mengatakan bahwa aqiqah adalah nama bagi hewan yang disembelih, dinamakan demikian karena lehernya dipotong, dan dikatakan juga bahwa ia adalah rambut yang dibawa si bayi ketika lahir. Adapun maknanya secara syari’at adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang dilahirkan. #wikipedia
aqiqah
Aqiqah bagi kalangan peternak doka (domba dan kambing) merupakan suatu peluang usaha yang cukup terbuka untuk dijajaki. Karena idealnya aqiqah disunatkan bagi setiap bayi yang lahir, untuk bayi laki-laki dibutuhkan dua ekor domba bagi bayi perempuan satu ekor.

Disinilah terbukanya peluang untuk peternak guna mengisi keperluan aqiqah. Kalau kita cermati minimal dari satu kelahiran kita harus menyiapkan satu ekor. Jadi menambah pasar dari hasil ternaknya selain untuk keperluan tahunan yaitu pelaksanaan qurban idul adha, dan pasar harian konsumsi.

Keterikatan aqiqah sebagai suatu usaha dan syiar akan tampak jelas disini, untuk peternak aqiqah sebagai bentuk usaha yang cukup menjanjikan sedangkan bagi pelaksana aqiqah merupakan pelaksanaa hukum Islam yang menjadi salahsatu syiar agama.

Jadi benarlah setiap anak yang lahir akan memberikan berkah kepada dunia.

Majulah peternak dan tetapkanlah Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: