Cinta itu “aneh”

Cinta itu “Aneh”.. 

Itulah yang ada dipikiranku saat ini, betapa tidak cinta itu tidak bisa cukup hanya dijabarkan dengan kata-kata, apalagi dengan hitungan logika ataupun matematika…

Dalam satu sisi cinta itu sangatlah menyenangkan namun disatulain cinta itu sangatlah menyakitkan..

Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Tua dan muda semua memilikinya..

Konsep cinta tiap orang bahkan tiap mahluk itu pasti berberda.

Cinta Anak terhadap Orang tuanya, cinta sepasang kekasih, cintas sesama makhluk, cinta sang ayah terhadap istri dan anak-anaknya, Cinta seorang Suami terhadap Istrinya, cinta seorang pemimpin  terhadap pengikutnya…

Konsep cinta akan sangat berbeda terhadap semuanya, meskipun itu sepasang kekasih yang saling mencintai, apa yang dirasakan oleh salah satu pihak kadang tidak sama oleh yang lainnya.. misalkan si pria karena cintanya terhadap si wanita dia akan selalu mengawasi semua aktivitas kekasih wanitanya… sampai hal terkecilpun dia sangat mengkhawatirkanya, apa yang dilakukan oleh sang kekasih ini menyebabkan sang wanita merasa tersiksa karena dia tidak bisa bebas untuk melakukan kegiatannya.. padahal yang dilakukan pria ini adalah karena cintanya yang sangat besar (“aneh”).

sister

Demikianpula cinta Orang tua terhadap anaknya, si orangtua karena cintanya terhadap sang anak akan berusaha menjaga dan memberikan sesuatu yang dalam pandangannya adalah bertujuan untuk kebahagian si anak, kadangkala disalah artikan oleh si anak sendiri, misalkan Orangtua menyuruh anaknya belajar agar pandai, namun si anak kadangkala merasa bosan dengan apa yang diminta oleh orangtua.

Cinta suami terhadap istri, cinta sang Pemimpin terhadap pengikutnya,

Hm… ternyata cinta itu sangat aneh…

Love hurts, Love scars, Love wounds’ and mars
Any heart not tough or strong enough
To take a lot of pain, take a lot of pain
Love is like a cloud, it holds a lot of rain
Love hurts, Ooo-oo Love hurts

(#love hurts-nazareth)

Memang dalam kenyataan mungkin kita harus lebih proporsional dalam memberikan cinta kita terhadap orang yang kita cintai, berikanlah cinta dengan pengertian dan komunikasikan cinta kita terhadapnya, bahwa yang kita berikan itu dengan tujuan cinta kita padanya, dan mungkin juga cinta kita harus lebih didasari dengan pengertian yang dalam..

But there’s a danger in loving somebody too much,
and it’s sad when you know it’s your heart you can’t trust.
There’s a reason why people don’t stay where they are.
Baby, sometimes, love just aint enough.

(patti smith-Sometimes Love Just Ain’t Enough )

Namun cinta yang paling sejati adalah Cinta Sang Pencipta terhadap kita sebagai umatnya… karena Dia-lah yang mampu memberikan curahan cinta dan kasih sayang terhadap kita tanpa pamrih dan selalu memberikan pengampunan…

Yaa Rabb limpahkanlah selalu Cinta dan kasih sayang-Mu terhadap Keluargaku, Istri dan anak-anaku, orang tuaku dan semua yang kucintai… karena tiada cinta yang sempurna di dunia ini hanyalah cinta dan Kasih sayang-Mu kepada kami hamba-Mu yang sangat merindukan-MU… Amiiiiinn Ya Rabb..

#my big love to my  family.. love you so much..

Buah Sirsak yang menyegarkan dan bermanfaat

Buah sirsak ?!

 

Siapa yang tidak mengenalnya, buah yang rasanya sangat menyegarkan dan rasanya manis dan sedikit keasaman, sangat menyegarkan sekali jika dibuat es jus diminum siang hari.. wuih segerrr tenan.

 

 

Buah sirsak yang mempunyai warna kulit kehijauan dan berduri ini, mudah dijumpai dari mulai pasar-pasar tradisional sampai supermarket di kota-kota besar.

Usut punya usut ternyata buah Sirsak (Anona muricata Linn) merupakan kerabat dekat srikaya (Anona squamosa Linn) berasal dari daerah tropis Amerika, yaitu sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina.

Setelah Colombus menemukan Benua Amerika, orang-orang Spanyol membawa sirsak ke Filipina dan tanaman ini ternyata dapat tumbuh di sebagian besar negara tropis, termasuk di Indonesia.

Jadi ternyata sisrsak ini termasuk tanaman impor yang sudah merakyat di Indonesia …

Kata sirsak berasal dari bahasa Belanda, yaitu zuurzak. Kata zuur berarti asam, zak berarti kantong, secara harfiah diartikan sebagai kantong yang rasanya asam, sirsak kadang disebut nangka belanda.

Buah sirsak ini sangat kaya akan vitamin c, jadi pasti baik untuk kesehatan kita. Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat.

Manfaat Buah Sirsak

Ternyata selain bermanfaat untuk menyegarkan dahaga kita dengan Jus-nya, masih banyak manfaat lain yang dapat kita peroleh dari buah sirsak ini.

Buah sirsak ini ternyata bermanfaat untuk ,Memperlancar pencernaan,  Pengobatan sembelit, pengobatan pinggang pegal dan nyeri, Penyakit wasir (ambien) , Batu empedu,  Asam Urat, Hipertensi, meningkatkan daya tahan tubuh dan katanya sih bisa untuk obat awet muda..

well ternyata sisrsak banyak sekali manfaatny bagi kita.. and kayaknya jadi pengen langsung bikin jus sirsak sekarang……

 

Berpikirlah seperti Air

Kekuatan air (water energy)

Air merupakan anugerah dari Sang Pencipta alam yang tak ternilai, faktanya bumi ini terdiri dari air yang hampir menutupi semua permukaanya. Manusia dan makhluk hidup lainnya sangat bergantung sekali dengan air ini, bahkan tubuh manusiapun terhimpun dari air yang mengisi bahkan menggerakan tubuhnya dengan aliran darah yang mengalir dalam tubuh.

Bisa dibayangkan jika kita tidak dianugerahkan air oleh yang kuasa, niscaya tidak adanya kehidupan di bumi ini, air merupakan salah satu sumber kehidupan di muka bumin ini.

Dengan air manusia dan makhluk hidup lainya bisa tumbuh dan berkembang hingga generasi ke generasi, jadi bersyukurlah kita kepada Yang Kuasa karena telah memberikan anugerah ini.

Banyak sekali pelajaran dan ilmu yang bisa kita ambil dari air ini, dan banyak pula tekhnologi sekarag ini yang bersumberkan pada air, sungguh sangat luar biasa ciptaah Tuhan yang satu ini.

 

Tirulah semangat air (spririt & goal)

Ketika air keluar dari sumber mata air dia sudah mempunyai tujuan yang pasti yaitu menuju samudera luas, yang diibaratkan sebagai tujuan dan cita-cita terbesar dari air itu sendiri.

Dalam perjalanan untuk mencapai tujuannya dia akan melalui berbagai rintangan yang menghadangya.

Ketika air mengalir dan arusnya masih kecil jika dia menemuai hambatan yang melebihi kekuatannya dia akan berbelok dan mencari jalan untuk melewati hambatannya,

Namun jika dia sudah mempunyai kekuatan yang lebih besar maka hambatan yang tadinya besar akan diterjangnya hingga hancur..

Ketika dia masih berupa arus kecil dan dihadapkan kepada batu besar, maka dia tidak akan terus menekan batu tersebut, tapi akan mencari celah-celah kecil diantara bebatuan tersebut, namun jika dia sudah menjadi arus yang besar maka hambatan yang tadinya dirasa sangat berat akan dengan mudah dilewatinya.

Jadi air akan terus berjuang mengatasi hambatan-hambatan yang menantinya dengan tanpa kenal lelah sampai dia mendapatkan apa yang dicita-citakanya

“Think like water flow, use your own strength”

Dalam menjalani hidup ini kita akan selalu menemui hambatan – hambatan dalam hidup ini untuk mewujudkan apa yang menjadi impian dan cita-cita kita. jika kita menyerah maka kita tidak akan mencapai imian kita.

Untuk dapat mewujudkan seluruh impian kita contohlah air, semua masalah yang menghadang akan selalu dia hadapi dengan berdaasarkan kekutan yang ada pada dirinya, dia akan melakukan semua usaha agar mecapai apa yang menjadi cita-citanya.

Samudera yang luas disana berasal dari titik mata air yang nun jauh diatas gunung, air keluar dari mata air hanya berupa tetesan-tetesan kecil  yang terus bergerak membentuk sungai-sungai besar menuju samudera.

Dalam perjalanannya air ini menemukan sekali banyak hambatan dan ringtangan, mereka harus membelah gunung, menerobos bebatuan, menyeruak diantara tebing-tebing tinggi, meluncur deras diantara lembah pegunungan mencari celah-celah yang dapat mereka lalui sehingga mereka mencapai ke samudera luas.

Impian dan cita-cita kita pun ibarat samudera lepas yang harus kita gapai, rintangan rintangan seperti batu-batu yang menghambat tujuan kita untuk mencapai tujuan kita, harus kita cari solusi agat jagan menhambat tujuan kita, disaat kita lemah janganlah menyerah pasti solusi itu ada meskipun hanya sebesar lubang jarum.

Jadi setiap gerakan kita sesuaikan dengan kemampuan kita, carilah solusi dari hambatan yang mengahdang didepan kita, karena meskipun kecil solusi itu pasti kita akan menemukan jalan keluarnya, ibarat air yang akan selalu mencari celah untuk terus mengalir menuju samudera luas, yang tak beda dari kita yang harus selalu yakin dengan kemampuan diri kita bahwa kita akan menemukan cara untuk mencapai semua impian-impian besar dalam hidup ini.

Semoga apa yang kita impikan dan cita-citakan akan terwujud dengan suatu keyakinan dan semangat yang kuat, seperti air yang mengalir dari gunung menuju samudera luas.

“Ciptakanlah Impian, dan Tirulah Semangat Air untuk Mewujudkannya”

Hole in the street (menyeramkan)..

‘Brukkkk!!, grudug..grudug..!!!” motor yang saya kendarai terpental kuat dijalan, motor saya agak sedikit oleng, untung saja saya memegang setang motor dengan kuat, kalau tidak pastilah saya sudah jatuh terpelanting di jalanan, dan gak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi kemudian (what the #####???!!!).
Wuhhh.. bikin deg-degan aja!!!

Jadi teringat kejadian waktu itu, saya sedang melaju kencang dijalanan yang mulus, namun karena terhalang oleh mobil didepan saya, tiba-tiba tanpa saya perhatikan didepan sudah terdapat lubang yang meskipun tidak terlalu besar namun cukup dalam sehingga dengan manisnya ban motor saya tertanam didalamnya, dan arrgghhh!! secara otomatis romantis badan saya melayang terjatuh ke aspal, dan apesnya lagi motor saya jatuh menimpa badan saya (sudah jatuh tertimpa motor)..aduh mak sedih banget!!

Walhasil badan saya penuh dengan lecet dan memar-memar, luckily gak lebih parah dari itu sehingga tidak perlu mendapatkan perawatan medis yang berlebihan, cukup dengan obat merah dan pijat – pijit ke tukang urut, dan untungnya saya juga ber-uniform- lengkap, jaket , sepatu dan helm sebagai pelindung masih melekat di badan.

 

 

 

 

 

 

Well, itulah pengalaman yang paling gak mengenakan dengan si hole in the street ini.

AWAS, hole in the street
siap memangsamu !!!

 

 

Bagi pengguna jalan raya, khusususnya pengendara kendaraan bermotor roda dua, sungguh sangat tidak nyaman saat menemukan lubang-lubang di tengah jalan
“hole in the street”

Dan belakangan ini kebanyakan jalan yang ada kayaknya makin parah, jadi kita sebagai si pengguna jalan musti extra hati-hati saat berkendara – ria, belum lagi dengan galian-galian yang ada dipinggir-pinggir jalan raya, jika situasi hujan akan membuat jalanan semakin licin, dan “hole in the street” makin gak kelihatan, sehingga jalanan ini akan penuh dengan ranjau-ranjau yang siap menerkam kita kapan saja, walhasil jika kita tidak extra hati-hati pastinya sesuatu yang tidak inginkan terjadi, jadi ingat sama lagunya Bon Jovi “sliperry when wet”.

Dengan kondisi jalanan ini siapa yang mesti bertanggungjawab !???
Yang jelas kita sebagai warga negara yang baik tak pernah lupa untuk dipotong bayar pajak!!!

Jadi mungkin kita sebagai pengguna musti berkata

“AWAS HOLE IN THE STREET SIAP MEMANGSAMU”

So, Waspadalah, waspadalah !!!

 

Demi Kau dan Si buah Hati..love U

Demi Kau dan Si bUah hati

Mengapa harus begini
Tiada lagi kehangatan
Memang ku sadari sering kutinggalkan
Kau seorang diri

Ku tahu bukan sengaja
kau tinggalkan ku sendiri
Aku menyadari
Bukan sandiwara kasihmu kepadaku

Reff :
Tiap malam engkau ku tinggal pergi
Bukan, bukan, bukannya aku sengaja
Demi kau dan si buah hati
Terpaksa aku harus begini

Tiada daya hingga di saat ini
Diriku masih juga terbaring lemah
Begitu tulusnya hatimu
hanya air mata yang tersisa

Ku tahu bukan sengaja
kau tinggalkan ku sendiri
Aku menyadari
Bukan sandiwara kasihmu kepadaku

Tiap malam engkau ku tinggal pergi
Bukan, bukan, bukannya aku sengaja
Demi kau dan si buah hati
Terpaksa aku harus begini

Tiada daya hingga di saat ini
Diriku masih juga terbaring lemah
Begitu tulusnya hatimu
hanya air mata yang tersisa

Demi kau dan si buah hati
Terpaksa aku harus begini

Wah mellow banget nih lagu?!!

Itu yang terlintas dibenaku ketika sepasang pengamen yang ada didalam bis yang mengantarkan saya pulang setelah seharian penuh beraktivitas…

Namun lama-lama tak terasa setelah saya dengarkan lirik lagu tersebut pikiran saya jadi ingat kepada orang tercintaku yang menunggu dirumah…(wah jadi ikutan mellow juga nih), gimana engga lirik-lirik dalam lagu tersebut benar-benar mencerminkan aktivitasku selama ini, namun mungkin gak sepenuhnya lirik dari lagu tersebut mencerminkan semua tentang diriku…

Yang sangat menhyentuh dari lirik serta hampir mirip denganku adalah bagian dari

Tiap malam engkau ku tinggal pergi
Bukan, bukan, bukannya aku sengaja
Demi kau dan si buah hati
Terpaksa aku harus begini

Emang sih gak tiap malam aku pergi, tapi dari subuh dan balik lagi kerumah setelah gelap, isitilahnya, ga’ pernah lihat matahari di rumah. Berangkat beraktivitas saat anak-anak masih tertidur dan pulang ketika mereka sudah teridur lelap. Jadi kangen juga sama mereka dan pengen tahu juga bagaimana perasaan orang-orang tercintaku tersebut??!

Tapi mau gimana lagi itulah aktifitas hampir banyak orang sekarang ini, minimal orang-orang yang selalu seperjalanan denganku ketika sama-sama pergi beraktifitas. Gimana nggak itulah pemandangan yang biasa aku temui setiap pagi-pagi sekali, mulai keluar dari perumahan, diperjalanan, di statsiun kereta, dan di terminal-terminal bis, pagi-pagi sekali sudah banyak orang yang tampak terburu-buru untuk menuju tempat aktivitas mereka.

Bagi mereka penggemar berat KRL Jabotabek, yang bertempat tinggal di Bogor mereka sangat terburu-buru sekali dengan jadwal kereta, bahkan mereka sudah memilih gerbong-gerbong kereta favoritnya jauh sebelum kereta tersebut berangkat dari jadwalnya, istilahnya biar dapat duduk.. (struggle in the early morning).

Begitupula mereka yang menggunaka bis dan kendaraan pribadi terutama yang mengendarai motor, wiih saring berebut dan memacu untuk cepat-cepat sampai ketempat beraktivitas. (kejar setoran boss?!)

Kejadian yang sama juga akan terulang saat malam, namun dari arah kebalikannya, dimana orang-orang (termasuk aku tentunya) terburu-buru untuk segera sampai di rumah…

Sungguh merupakan pemandaangan yang biasa yang terjadi sehari-hari…

Kalau gini caranya lagu mendiang Om Pance ini jadi sangat pas sekali…dengan alasan

“Demi kau dan si buah hati
Terpaksa aku harus begini”


Klise banget yah!.. but is the real life.

Tapi mudah-mudahan hal ini tidak berlangsung lama lagi, karena aku sudah tekadakan ingin mengubah rutinitas yang cukup melelahkan ini, menjadi hal-hal yang lebih menyenangkan lagi bagi diriku dan orang-orang yang kucintai… amiiin.

“ demi kau dan sibuah hati… aku ingin menjadi lebih baiiiiiiiiiiikkkkk”</strong

“keramat” Cintai dan sayangi ibumu

mom i love you

mom

Hai manusia, hormati ibumu
Yang melahirkan dan membesarkanmu

Darah dagingmu dari air susunya
Jiwa ragamu dari kasih-sayangnya
Dialah manusia satu-satunya
Yang menyayangimu tanpa ada batasnya

Doa ibumu dikabulkan Tuhan
Dan kutukannya jadi kenyataan
Ridla Ilahi karena ridlanya
Murka Ilahi karena murkanya

Bila kau sayang pada kekasih
Lebih sayanglah pada ibumu
Bila kau patuh pada rajamu
Lebih patuhlah pada ibumu

Lagu “keramat” yang merupakan karya dari Rhoma irama yang cukup populer mengalu sendu yang dinyanyikan oleh seorang pengamen diatas bis yang saya tumpangi, entah karena dia memainkannya dengan iringan suling yang menyentuh hati atau karena cara dia menyanyikannya yang tiba-tiba membuat saya ingin memeperhatikan lirik lagunya.

Ketika saya perhatikan ternyata lirik lagu keramat ini sungguh menyentuh hati. Lagu ini mencertikan keutamaan dari ibu dan kewajiban kita sebagai seorang anak untuk selalu menghormati dan menyayangi ibu.

Memang jika dilihat secara nyata, ibu kita ini telah berjuang dengan memepertaruhkan nyawanya selama kurang lebih 9 bulan mengandung kita, kemudian dikala melahirkan kita dia berjuang antara hidup dan mati dengan keinginan melihat anaknya lahir kedunia dengan selamat, dikala kita bayi dia menyusui memberikan darahnya untuk kita, sampai kita dewasa pun kita tidak pernah kekurangan kasih sayangnya.

Begitu mulianyan para kaum ibu, semoga Allah selalu memberikan keberkahan buat ibu-ibu kita ini.

Namun kadangkala kita lupa dengan hal ini, kadang kita lupa dengan semua pengorbananya, kita kadangkala secara sengaja ataupun tidak suka mebuat hatinya terluka.

Yang sangat penting dan seringkali terlupa oleh kita adalah bahwa do’a ibu itu sangatlah mujarab :

“Doa ibumu dikabulkan Tuhan
Dan kutukannya jadi kenyataan
Ridla Ilahi karena ridlanya
Murka Ilahi karena murkany
a

terkadang jika kita sedang ada maksud tertentu atau sedang menghadapi masalah, kita selalu minta bantuan kepada orang lain (bahkan katanya sampai ke-“orang pintar”) padahal sumber dari dibukanya pintu do’a kita terkabul adalah ibu kita sendiri, bahkan alangkah baiknya menurut saran dari teman-teman saya “basuhlah kaki ibumu jika kau inginkan restu darinya“.

Sebegegitu mulianya seorang  Ibu ini bahkan Rasulullah S.A.W dalam suatu riwayat Abu Hurairah menceritakan :

Seorang lelaki datang menemui Rasulullah SAW dan bertanya : “Siapakah orang yang paling berhak untuk aku layani dengan sebaik-baiknya ?” Rasulullah menjawab : “Ibumu”. Dia bertanya lagi : ” Kemudian siapa ?” Rasulullah menjawab : “Ibumu” . Dia bertanya lagi : “Kemudian siapa ?” Rasulullah menjawab : “Ibumu”. Dia bertanya lagi : ” Kemudian siapa?” Rasulullah menjawab : “Ayahmu”

Hadis ini juga menceritakan betapa sungguh mulianya seorang ibu, begiu bertinya ibu buat hidup kita.

Lagu “keramat” ini menyadarkan saya dan tak terasa saya merenung lama memahami lagu ini. (thank’s to pengamen yang membawakan lagu ini dengan penghayatannya)

(Mom i’m sorry if  ’till now i still hurt you, But Promise I trullly , really 1000X Loves you, and make you happy with me, proud that you have me as you son)

Nu enggeus, Nu eker, Nu arek (tawakal)

Nu enggeus, Nu eker, Nu arek !!

Kata-kata itu teriang lagi dalam ingatan, ya kata-kata tersbut sering diungkapkan oleh ibu saya yang mana merupakan petuah yang beliau dapatkan dari neneknya.

Arti dari kata tersebut kalau diterjemahkan bebas dalam bahasa Indonesia adalah ” yang sudah menjalani, yang sedang menjalani dan yang akan menjalani” dimana ditujukan kepada kita untuk selalu memandang hidup dan semua keadaan ini dengan penuh tawakal, rendah hati dan tidak sombong.

Dimana petuah ini mengajarkan bagi kita yang sudah menjalaninya harus selalu bersyukur bahwa kita telah mampu menghadapi dan melewati cobaan dan ujian dalam menjalankan kehidupan ini, dan selalu mawas diri terhadap segala hal.

Bagi yang sedang menjalani atau mendapatkan cobaan diajarkan untuk selalu bertawakal dan berikhtiar serta jangan lupa untuk meminta bantuan kepada-Nya, karena segala permasalahan hidup ini pasti akan ada jalan keluarnya. Janganlah bersikap putus asa dan hilang harapan karena yakinlah bahwa cobaan ini pasati ada hikmahnya dan ingatlah bahwa Tuhan tidak akan memberikan suatu cobaan melebihi batas kemampuan umat-Nya.

Bagi yang belum merasakan tantangan ataupun cobaan hidup atau bagi mereka yang saat ini berada dalam posisi yang nyaman, janganlah sombong dan takabur, hidup ini selalu berputar jadi selalulah bersikap rendah hati dan bantulah orang yang dalam kesulitan. Karena kita tidaklah tahu kapan dan dimana cobaan itu akan datang kepada kita.

Jadi berpiki dan bersikaplah positip dan sebarkanlah kebajikan dimanapun kita berada, Insya Allah kita akan selalu mendapatkan bantuan dari-Nya.

Hidup itu ibarat roda kadang diatas dan adakalanya dibawah,